Skip to main content

Backpacker Part 2 (Malang,Surabaya) Day 1

Akhirnya perjalanan kita engga cuma jadi wacana, kali ini beneran terealisasi. Dan sekarang saya backpackeran nya cuma bedua sama Shinta.
Perjalanan kita dimulai dari Stasiun Pasar Senen. Kita naik kereta Matarmaja jurusan Malang.

Saya udah nyampe di stasiun sekitar jam 1 lewat, kecepetan banget sih sebenernya tapi berhubung harus harus nuker tiket dulu jadi dateng lebih cepet buat meminimalisir risiko. Sambil nunggu Shinta dateng saya cari tempat buat ngecharge di ruang tunggu selatan tapi sayang sekali ternyata engga bisa dipake (rusak). Bolak-balik nyari aliran listrik yang bisa dipake tapi engga ketemu yaudalah ya akhirnya balik lagi ke ruang tunggu selatan. Disana saya ketemu sama 1 orang bapak-bapak dan 1 orang mas-mas. Bapak-bapak tersebut nanya kemana tujuan saya dan ternyata kita sama. Mungkin setelah ngedenger tujuan kita, mas-mas yang disamping ikutan nimbrung perbincangan kita, terus dia bilang kalo dia dulu kuliah di Malang dan cukup lumayan tau tempat-tempat recommended buat dikunjungin dan akhirnya saya catet beberapa tempat yang dia recommended-in. Oh iya si mas-mas itu tujuannya ke surabaya. Saking excitednya ngedenger cerita mas-mas, sampe engga sadar kalo ternyata kereta tujuan malang udah dipanggil. Saya langsung sedikit panik saat nyadarin kalo Shinta belum juga dateng dan belum juga ngabarin udah nyampe mananya. Dan bodohnya saya lupa kalo paket internetnya tadi saya matiin supaya hemat baterai. Ternyata bener, kalo Shinta udah ngabarin dan udah nyampe. Sebelum kita masuk ke kereta, kita ngeprint tiket pulang dulu supaya nanti pas disana kita engga perlu repot repot lagi buat ngeprint.
Akhirnya kita pun masuk ke dalem kereta dan sekitar setengah jam nunggu keretanya pun berangkat.
Foto-foto di dalem kereta sebelum keretanya berangkat

Jam berangkat keretanya on time banget loh. Perjalanan backpackeran kita kali ini lebih jauh dan otomatis harus lebih sabar di keretanya karena bakal lebih lama nyampenya.
Sebelum beli tiket kereta, saya mikir mikir dulu siapa temen yang lagi tinggal di Malang yang bisa dimintain tolong buat ngasih recommended2 tempat. Ada beberapa orang yang dihubungin tapi cuma 2 orang yang ngeresponse , kakak kosan dulu di bogor sama satu lagi kakak tingkat (ketua organisasi). Menjelang hari H, kakak kosan susah banget buat dihubungin dan seketika langsung panik nanti kita gimana disananya. Cuma kakak ketua organisasi aja yang masih response, agak sungkan sebenernya buat minta tolong, karena kakak ketua tersebut cowok dan takutnya agak engga enak diliatnya kalo nanti jalan bareng sama cowok. Tapi pikiran pikiran kaya gitu coba dinomor-duain dulu dan surprise banget pas ngeliat chat-an kalo kakak ketua tersebut mau ngejemput kita daaaannnn lebih surprise lagi pas tau kalo kakak ketua itu mau nemenin kita pergi ke bromo sama pulau sempu. Oh iya kakak ketua itu namanya kak Okta.
Pas udah mau nyampe stasiun malang saya ngabarin keberadaan kita lagi di stasiun mananya. Setelah kereta bener-bener nyampe di stasiun malang, saya engga langsung ngabarin keberadaan kita karena kita mau beres-beres ke toilet dulu dan takut kak oktanya nungguin kita kelamaan. Setelah udah mau selesai, kita baru ngabarin kalo kita udah ada di St. Malang. Setelah ngabarin, saya engga ngecek HP lagi karna langsung dimasukkin ke dalem tas. Surprise banget pas tau kalo kak okta dan temennya udah ada di pintu keluar stasiun. Padahal rencananya kalo kak okta belum juga dateng, kita mau sarapan di daerah stasiun dulu. Hmm berhubung kak okta udah nyampe, kita langsung ditanya mau sarapan apa dan Shinta bilang lagi pengen bubur, setelah kak okta diskusi sama temennya (re:pake bahasa jawa) yang sama sekali engga paham artinya apa, akhirnya kita langsung cuss ke tukang bubur. Di perjalanan, kak okta nge-guide tempat tempat yang ada di sekeliling kita dan ternyata kampus-kampus di malang tempatnya deket deket banget.
Selesai sarapan, kita langsung diajak ke tempat kosan temennya kak okta. Kita diminta buat bersih bersih dan istirahat dulu karna pasti capek abis perjalanan jauh (yaampun baik banget sih kak, padahal kita gapapa loh engga istirahat juga). Setelah istirahat, kita langsung cuss ke tempat pertama yaitu Universitas Brawijaya yang termasuk salah satu List To Do kita di malang.
Sayangnya kak okta engga bisa ikutan keliling karena ada tugas kampus yang harus diselesaiin tapi kak okta ngedrop in kita dulu di kampus  (jadi ngerasa engga enak, karena ngerepotin banget kayanya padahal mah bilang aja kak dari awal kalo kakak lagi ada tugas/urusan, sebenernya kita bisa bedua asal dikasih tau aja harus naik apa atau lewat mana jalannya).
Setelah mengelilingi UB dan foto foto disana
kita mampir ke masjid karna temennya kak okta (re:kak afi) mau shalat dzuhur dulu. Sambil nunggu kak afi yang lagi shalat, kita makan bakso di pelataran kampus. Sempet shock pas mau beli, karena ternyata disana kalo beli bakso harus ngambil/ngelayanin sendiri dan harganya menyesuaikan dengan apa aja yang kita ambil. Engga lama kemudian, kak okta muncul dan kita langsung cuss ke tempat kosan nya kak afi buat ngambil barang dan prepare buat pergi ke bromo. Oh iya sebelumnya kita sempet beli ice cream di kampus dan itu harganya sangat terjangkau banget (murah). Cukup dengan merogoh kocek Rp 5.000, kita udah bisa dapet ice cream enak kaya gini.

Perjalanan yang kita tempuh cukup panjang dan berkelok kelok banget, agak bahaya sih kalo kesana kita cuma bedua aja karena ternyata jalanannya terjal banget dan kata kak okta harus udah apal medan disana biar engga kenapa kenapa. Pas udah mau nyampe, kita dihadang sama 2 orang bapak-bapak (takut banget sebenernya ngeliatnya karna sebelumnya pernah ada trauma), sekitar 20-30 menit kemudian tiba-tiba kita berhenti di depan rumah dan ternyata kita dibawa ke tempat penginapan deket bromo. Alhamdulillah ternyata bapak-bapak itu baik dan kita engga kenapa-kenapa. Hmm...sekitar jam set 6 kita nyampe di tempat penginapan.
Awalnya saya sama shinta bingung, kita mau apa disana karena kakak-kakaknya ngomong sama bapak-bapak itu pake bahasa jawa yang udah pasti kita engga ngerti apa-apa. Setelah selesai ngomong sama bapak-bapak itu, kakaknya translate-in ke kita kalo bapak tersebut nawarin penginapan dan ojek buat pergi ke bromo. Bapak tersebut juga ngejelasin kondisi di bromo yang seperti apa dengan musim kemarau yang lagi dialamin. Sangat engga mungkin  motor biasa buat nembus padang pasir karna kalo kita paksain, motor kita bakal rusak dan mogok di tengah jalan. Oh iya harga penginapannya Rp 200.000/kamar terus buat ojek bromonya Rp 100.000/orang. Buat penginapan kita udah deal, tapi yang ojek bromonya kita masih belum bisa ngasih keputusan. Akhirnya bapak-bapak itu ngasih tenggat waktu sampe jam 20.00 WIB. Sambil mikirin keputusan yang mau kita ambil, kita pergi nyari makan di sekitar penginapan tersebut. Kita jalan ke atas (arah bromo) dan kita ngeliat ada pemandangan bagus disana yang akhirnya kita foto-foto dulu disana dan kata kakaknya sayang banget kalo seandainya kita engga foto disitu karena kalo besok tempat itu pasti rame banget tapi sayang tongsisnya engga dibawa (re:ketinggalan di kamar) yang akhirnya kita engga bisa selfie bareng2.
Foto di pintu gerbang masuk bromo
Spot ini sekitar 1 jam lagi buat nyampe ke bromo dan pintu gerbangnya baru dibuka jam 03.00.
Setelah kita foto foto, kita balik lagi buat nyari makan dan disitu kita ngasih keputusan deal atau engganya buat naik ojek. Di perjalanan nyari tempat makan, saya dan shinta berdiskusi apakah kita bakal naik ojek atau engga. Ini salah satu pilihan yang sulit menurut kita, karna sebelumnya kakaknya bilang kalo yang bakal pergi ke bromo cuma kita bedua aja a.k.a kakak-kakaknya engga ikut dan cuma nunggu di penginapan. Kayanya engga mungkin banget kalo cuma kita bedua aja yang pergi soalnya kita kan kesananya bareng-bareng masa iya yang naik cuma kita bedua aja. Dan kakaknya ngasih pilihan kedua, kalo kakaknya ikut tapi kita engga bisa ngelilingin semua spot yang ada di bromo (penanjakan, bukit cinta, padang pasir, bukit teletubbies dan kawah) a.k.a cuma sampe di penanjakan aja. Kita dilema banget, perasaan engga enak kalo kita cuma pergi bedua aja sama sayang banget kalo kita udah nyampe bromo tapi kita engga bisa ngunjungin spot-spot itu karna sama aja kaya kita engga kesitu dan saya anggepnya ini perjalanan terakhir kesini jadi setidaknya harus yang terbaik.
Pas kita discuss lagi sama kakaknya di tempat makan, ternyata kakaknya mau ikut. Saya sama shinta langsung liat liatan dan langsung yang engga percaya gitu karna oh my god daritadi apa yang kita pikirin dan khawatirin akhirnya clear.
Setelah selesai makan, kita balik lagi ke tempat penginapan. Sesampainya di tempat penginapan, saya dan shinta langsung mandi dan bersih bersih. Daaaaannnnnnnn........OMG airnya dingin banget + udaranya juga dingin parah. Pas kita masuk ke dalem kamar dan prepare mau tidur, saya putusin buat engga tidur di kamar karna dinginnya parah banget, badan saya udah menggigil banget, akhirnya saya pindah ke sofa. Pas ngedenger saya kedinginan dan menggigil kak afi langsung ngasih jaket sama selimutnya, tertolong banget walaupun masih tetep menggigil tapi setidaknya better. Karna saya engga balik balik ke kamar, akhirnya shinta nyusulin ke sofa buat tidur disitu juga. Tapi sayangnya saya cuma bisa bertahan tidur 2 jam a.k.a jam 00.30 kebangun, karna engga kuat banget sama dinginnya dan mungkin saking excitednya mau pergi ke bromo yang kemaren diinfoinnya kita bakal berangkat jam 03.00 jadi automatically sekitar jam 02.00 udah harus bangun buat prepare segala macemnya dan kita juga dipesenin sama kakak-kakaknya buat jadi alarm mereka a.k.a ngebangunin mereka.

Popular posts from this blog

Backpacker Part 5 (Siantar, Medan Kota)

Day 3 Sebelum mobil sewaan nya kami kembalikan, kami berkeliling kota siantar terlebih dahulu, yaitu Masjid Raya Pematang Siantar, Tugu Becak Siantar, Vihara Dewi Kwan Im dan Steam mobil. Tapi sayangnya Vihara Dewi Kwan Im sedang direnovasi jadi tidak diperkenankan untuk melihat dari dekat. Oh iya kami sempat sarapan dulu di tempat kuliner "AYOE BL 2", alamatnya ada di Jl. Melanthon Siregar No. 172. Kita coba menu nasi gorengnya, bentuknya lucu banget dan rasanya juga enak + sambelnya yang endes. menu yang tersedia Udah kenyang? udah 👯☺. Oke saaatnya kita ngelanjutin perjalanan ke Kota Medan menggunakan bis. Kita naik bis intra dari terminal parluasan siantar menuju amplas. Perjalanan dari siantar menuju medan membutuhkan waktu 4 jam (saat itu kondisi jalanan lumayan macet). Di medan, kita nginep di rumah temen daerah Jl. Bromo, nah dari tempat turun bis (amplas) masih harus lanjut lagi naik betor (becak motor). Dari kemaren cuma bisa ngeliatin itu betor lalu lalan

Backpacker Part 5 (Explore Banda Aceh 2 hari 1 malam)

Day 6 Pukul 16.45 kami tiba di Pelabuhan Ulee Lheue. Sebelum tiba kami menghubungi tempat penyewaan motor yang sudah di pesan (Bang Haji). Tapi ternyata dia ngabarin kalau motornya baru available pukul 19.00, padahal h-1 sudah dikonfirmasi dan dibilang oke. Mengecewakan banget, karena schedule yang udah kami buat jadi berantakan. Kami coba menghubungi tempat penyewaan motor yang lain, tapi engga ada satupun yang available. Akhirnya kami pun tetap menyewa di Bang Haji. Kekecewaan kami belum berakhir, motor yang dijanjikan akan diantar ke hotel pukul 19.00 ternyata molor jadi pukul 19.53 (hampir satu jam cuy kita harus nunggu lagi dan posisinya kami udah kelaperan banget mau cari makan, ckck). Rencana awal yang seharusnya ke puncak geurutee begitu sampai di aceh harus kami batalkan karena tidak ada motor, kalaupun kita paksain kesana menggunakan transportasi umum, pengeluaran kami akan lebih besar dari yang sudah dianggarkan. Begitu motornya tiba, kami langsung pergi ke mie razali.

Backpacker Part 5 (Explore Sabang 2 hari 1 malam)

Day 5 Setibanya di Bandara Sultan Iskandar Muda, kami langsung bergegas menuju Pelabuhan Ulee Lheue untuk mengejar keberangkatan kapal lambat pukul 10.30. Awalnya mau coba naik trans aceh, karena berdasarkan informasi yang saya dapat di internet dari bandara ke pelabuhan bisa naik trans, tapi ternyata untuk naik trans harus berjalan sekitar 2 km dari bandara, akhirnya kami memutuskan naik taksi. Jangan khawatir engga kedapetan taksi, karna begitu sampe Bandara SIM, sudah banyak layanan taksi yang menawarkan jasanya. Dari bandara menuju pelabuhan memakan waktu sekitar 45 menit, dan sudah banyak sekali yang mengantre untuk beli tiket. Pada hari itu tanggal 17 Agustus, dimana ternyata kapal tidak ada yang beroperasi dari Pelabuhan Ulee Lheu. Kapal cepat dan kapal lambat baru beroperasi pukul 10.00 dari Pelabuhan Balohan, yang berarti baru nyampe Pelabuhan Ulee Lheu pukul 10.45 untuk kapal cepat dan pukul 11.30 untuk kapal lambat. Akhirnya kami memutuskan untuk naik kapal cepat agar memp