Skip to main content

Backpacker Part 5 (Siantar, Medan Kota)

Day 3

Sebelum mobil sewaan nya kami kembalikan, kami berkeliling kota siantar terlebih dahulu, yaitu Masjid Raya Pematang Siantar, Tugu Becak Siantar, Vihara Dewi Kwan Im dan Steam mobil. Tapi sayangnya Vihara Dewi Kwan Im sedang direnovasi jadi tidak diperkenankan untuk melihat dari dekat. Oh iya kami sempat sarapan dulu di tempat kuliner "AYOE BL 2", alamatnya ada di Jl. Melanthon Siregar No. 172. Kita coba menu nasi gorengnya, bentuknya lucu banget dan rasanya juga enak + sambelnya yang endes.

menu yang tersedia
Udah kenyang? udah 👯☺. Oke saaatnya kita ngelanjutin perjalanan ke Kota Medan menggunakan bis. Kita naik bis intra dari terminal parluasan siantar menuju amplas. Perjalanan dari siantar menuju medan membutuhkan waktu 4 jam (saat itu kondisi jalanan lumayan macet). Di medan, kita nginep di rumah temen daerah Jl. Bromo, nah dari tempat turun bis (amplas) masih harus lanjut lagi naik betor (becak motor). Dari kemaren cuma bisa ngeliatin itu betor lalu lalang di jalan, akhirnya bisa ngerasain juga. Sejujurnya kurang suka naik betor, mungkin karna saya dapet tempat duduk bagian depan yang kursinya hanya beralaskan papan kayu jadi lumayan berasa sakit. Oh iya kalo mau naik, coba ditawar dulu ya harganya, lumayan kan ngurang ngurangin pengeluaran.

Maha Vihara Maitreya
Akhirnya sampe juga di rumah temen, istirahat sebentar + naro barang barang, abis itu kita prepare lagi buat keliling kota medan. Tujuan pertama kita yaitu Maha Vihara Maitreya. Lokasinya ada di dalam komplek perumahan cemara asri, dimana terdapat 3 patung suci yaitu patung buddha, hakim bao, dan dwi kuam im. Tapi sayang kita engga boleh ngambil foto di dalem, jadi cukup dari luarnya aja. Ini kali pertama saya masuk ke vihara, jadi cukup kepo ngeliatin cara mereka "Puja Bakti". Pengertian Puja Bakti disini adalah cara umat budha meminta agar keinginan dan harapannya terkabul.
Seketika hujan turun, jadi kami memutuskan untuk tetap tinggal sampai hujan berhenti. 2 jam berlalu, kami mulai bosan dan kebetulan ujannya udah mulai reda, akhirnya kita pergi lagi cari makan + ke komplek mmtc. Nah tempat terakhir yang kita datengin ini, tempat yang udah ditunggu tunggu dari jakarta yaituuuuu .... durian ucok. Yeaaaaay kesampean juga makan durian langsung di kota nya. Biasanya kita cuma denger cerita nya aja dari temen temen yang asli orang medan. Yummy ..... 😋.  Durian di medan ini beda beda rasanya, kita mesti bilang dulu ke abangnya mau durian yang kaya apa. Ada yang rasanya manis, manis pahit dan pahit. Dapet info dari temen orang medan, biasanya mereka pada milih yang rasanya pait, semakin pait semakin enak katanya. Tapi kalo kita sih prefer yang manis, karna kita sempet coba rasa yang manis pahit dan kurang cocok sama lidah, jadi ya tergantung selera masing masing. Tadinya setelah makan durian, kita masih mau diajak keliling keliling, nikmatin suasana malem kota medan katanya, tapi berhubung mata udah ngantuk banget jadinya kita pulang aja deh.

Day 4

Tujuan pertama di hari berikutnya adalah Istana Maimun. Ini salah satu tempat yang kita incer juga, karena kita mau foto pake baju adat khas melayu. Tapi sebelum kesitu, kita jemput satu temen dulu supaya naik motor nya bisa berdua berdua. Setelah jemput temen, kita sempet ke Monumen Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII dan Masjid Raya Al-Mashun. Masjid Raya Al Mashun lokasi nya deket sama Istana Maimun, karena masih ada keterkaitan sejarah antar keduanya. Di masjid ini ada tour guidenya loh, jadi buat kalian yang mau tau gimana sejarahnya? Siapa aja raja yang dimakamin di belakang masjid? Apa hubungannya sama Istana Maimun? Kenapa bentuk bangunan masjidnya kaya gitu, dll. Kalian bisa gunain jasanya.
Monumen Pahlawan Nasional Raja Sisingamangaraja XII
Makam yang ada di belakang Masjid Raya Al-Mashun
Udah cukup lengkap penjelasan dari tour guide nya, abis itu kita melancong ke Istana Maimun. Dari luar terlihat megah banget. Di samping bangunan Istana Maimun, ada tempat kecil namanya Meriam Puntung. Meriam yang udah terbelah dua dan konon katanya pecahan nya yang lain ada di Kampung Sukanalu, Kabupaten Karo. Hari itu padahal bukan weekend tapi Istana Maimun cukup ramai pengunjung. Disana ada beberapa tempat yang menyewakan pakaian adat melayu, harganya pun bervariasi, tergantung mau milih model yang kaya apa. Range harga dari Rp 10.000 - Rp 50.000. Perbedaannya terletak pada aksesoris yang akan dipake, dari yang biasa aja sampe yang penuh banget.
Meriam Puntung

Baju Melayu dengan harga sewa Rp 20.000
Setelah itu, kita diajak keliling ke Tugu Kereta Api, Vihara Setiabudi dan terakhir nongkrong di Kafe Kupie Atjeh. Oh iya kita sempet beli oleh oleh juga Bolu meranti, tapi sayang bolu meranti yang 3 rasanya abis. Yasudahlah ya kita beli rasa yang ada aja. Salah satu pembeli ada loh yang sampe muter muterin toko bolu merantinya buat dapetin rasa yang dia mau. Berhubung ini hari terakhir di medan, jadi kita harus puas puasin lagi makan durian. Kita sampe mesen 4 buah, which is sebelumnya kita cuma mesen 2. Emang dasar ya kita jadi orang engga boleh maruk atau berlebihan, duriannya jadi engga abis semua karena kita udah over banget. Untungnya boleh dibungkus sih, jadi engga perlu buang buang makanan.
Tugu Kereta Api

Vihara Setiabudi

Day 5

Hari ini kita berangkat ke Banda Aceh. Pesawat berangkat jam 07.50, jadi pagi pagi banget kita udah mesti ada di bandara. Sampe engga bisa tidur, khawatir kebablasan dan ketinggalan pesawat. Sempet deg degan juga karena temen yang mau nganter ke bandara engga kunjung dateng, tapi akhirnya kita sampe juga di Bandara Kualanamu.

Perjalanan Selanjutnya ........ Sabang

Notes :
Sewa mobil di medan (Dori) : 082369552493

Pengeluaran Selama di Kota Medan
Day 3
Bensin mobil  150,000
Durian (2 buah) 50,000
Bensin motor 10,000
Total pengeluaran hari pertama Rp996,000
Day 4
Makan Pagi (Mi Balap) 16,000
Durian (4 buah) 100,000
Parkir (4 tempat) 18,000
Total pengeluaran hari kedua Rp319,000
Day 5
Grab ke Bandara KNO 100,000
Total pengeluaran hari kedua Rp100,000
Total pengeluaran 2 orang Rp1,415,000
Pengeluaran per orang Rp707,500

Popular posts from this blog

Backpacker Part 5 (Explore Banda Aceh 2 hari 1 malam)

Day 6 Pukul 16.45 kami tiba di Pelabuhan Ulee Lheue. Sebelum tiba kami menghubungi tempat penyewaan motor yang sudah di pesan (Bang Haji). Tapi ternyata dia ngabarin kalau motornya baru available pukul 19.00, padahal h-1 sudah dikonfirmasi dan dibilang oke. Mengecewakan banget, karena schedule yang udah kami buat jadi berantakan. Kami coba menghubungi tempat penyewaan motor yang lain, tapi engga ada satupun yang available. Akhirnya kami pun tetap menyewa di Bang Haji. Kekecewaan kami belum berakhir, motor yang dijanjikan akan diantar ke hotel pukul 19.00 ternyata molor jadi pukul 19.53 (hampir satu jam cuy kita harus nunggu lagi dan posisinya kami udah kelaperan banget mau cari makan, ckck). Rencana awal yang seharusnya ke puncak geurutee begitu sampai di aceh harus kami batalkan karena tidak ada motor, kalaupun kita paksain kesana menggunakan transportasi umum, pengeluaran kami akan lebih besar dari yang sudah dianggarkan. Begitu motornya tiba, kami langsung pergi ke mie razali.

Backpacker Part 5 (Explore Sabang 2 hari 1 malam)

Day 5 Setibanya di Bandara Sultan Iskandar Muda, kami langsung bergegas menuju Pelabuhan Ulee Lheue untuk mengejar keberangkatan kapal lambat pukul 10.30. Awalnya mau coba naik trans aceh, karena berdasarkan informasi yang saya dapat di internet dari bandara ke pelabuhan bisa naik trans, tapi ternyata untuk naik trans harus berjalan sekitar 2 km dari bandara, akhirnya kami memutuskan naik taksi. Jangan khawatir engga kedapetan taksi, karna begitu sampe Bandara SIM, sudah banyak layanan taksi yang menawarkan jasanya. Dari bandara menuju pelabuhan memakan waktu sekitar 45 menit, dan sudah banyak sekali yang mengantre untuk beli tiket. Pada hari itu tanggal 17 Agustus, dimana ternyata kapal tidak ada yang beroperasi dari Pelabuhan Ulee Lheu. Kapal cepat dan kapal lambat baru beroperasi pukul 10.00 dari Pelabuhan Balohan, yang berarti baru nyampe Pelabuhan Ulee Lheu pukul 10.45 untuk kapal cepat dan pukul 11.30 untuk kapal lambat. Akhirnya kami memutuskan untuk naik kapal cepat agar memp